waisai

RAJA AMPAT : Heaven on Earth..

INDONESIA


Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? Rasanya sekarang ini Raja Ampat telah menjadi impian sejuta umat. Beda banget dengan saat saya pertama kali ke sana dulu, hanya kalangan diver saja yang tahu Raja Ampat. Karena memang keindahan alam bawah lautnya lah yang terlebih dahulu mengaung namanya, dibandingkan keindahan alam daratnya. Bahkan teman sekampus saya saja, ada yang baru dengar nama Raja Ampat pertama kali saat saya ceritakan. Terus kalau diceritain Raja Ampat itu letaknya di Papua, reaksi mereka makin heboh lagi. Haha. Reaksi ini beda banget dengan bule-bule yang saya temui di Raja Ampat. Bule-bule itu malah sibuk muji-muji Indonesia, dan mereka bilang iri banget sama saya yang lahir di negeri yang sangat indah ini. Bule-bule aja terbang jauh-jauh ke Papua, eh yang orang Indonesia malah ada yang belum pernah dengar Raja Ampat. Haduh haduh.

Sekarang keadaan telah jauh berubah, saat ini kayaknya semua travel agent dan open trip berebutan jualan paket ke Raja Ampat. Ada satu primadona yang membuat semua orang, baik diver maupun non-diver, berhasrat ingin ke Raja Ampat. Sang idola ini bernama Kepulauan Wayag. Hampir semua jualan paket wisata yang ber’label’ Raja Ampat, pasti dipasangin foto Wayag.

Continue Reading →

Ibukota Raja Ampat..

Mengunjungi Raja Ampat adalah impian banyak orang, baik turis atau diver yang berasal dari Indonesia maupun dunia. Yah, apalagi bagi saya sendiri, sudah warga Indonesia asli dan diver pula lagi, rasanya tidak mau kalah dengan para bule yang ke sini. Huh! Katanya jika sudah melihat Raja Ampat berarti telah mewakili seluruh keindahan tempat lain di manapun. Resikonya kalau sudah pernah ke Raja Ampat, kalian bakal punya parameter “wow” yang sangat tinggi. Nanti kalau ke tempat manapun yang kamu datangi setelah Raja Ampat pasti akan menjadi biasa aja. Masa sih? Haha.

Dulu saya punya impian sebelum lulus kuliah, saya ingin menginjakkan kaki minimal di lima pulau besar Indonesia; Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Selain Papua, keempat pulau lainnya sudah saya datangi di kala liburan semester. Perjalanan saya ke Papua terwujud tepat seminggu setelah saya diwisuda, agak melenceng sedikit dari target impian saya sih. Tapi, yasudah lah ya.

Jujur saya sangat bersyukur bisa mendarat dengan mulus di Sorong, Papua. Rasa senang langsung merasuki saya, ketika benar-benar secara nyata “menginjakkan kaki” di bumi Papua. Antara bangga, senang, norak, terharu, pokoknya perasaan saya campur aduklah. Terima kasih Tuhan.

Continue Reading →