village

Road Trip to Toba Lake..

INDONESIA


Apabila hitungan saya tidak salah, rasanya Presiden Jokowi telah empat kali terbang ke Sumatera Utara. Dan salah satu misi besarnya Pak Presiden adalah untuk mengangkat nama besar Danau Toba yang belakang ini kian meredup gaungnya. Harapannya agar pamor danau terbesar di dunia ini dapat bersinar terang kembali. Saya sendiri sudah beberapa kali melihat Danau Toba dari kejauhan, namun belum pernah turun hingga menyeberangi Pulau Samosir yang berada di tengah danau tersebut. Saya dan teman saya yang penasaran akhirnya membuat roadtrip weekend dadakan, mulai dari Medan – Pulau Samosir via Berastagi dan kembalinya dari Pulau Samosir – Medan via Pematang Siantar. Kami sengaja membedakan jalur pergi dan pulangnya biar roadtrip ini jadi lebih seru.

Continue Reading →

Goa Rangko, Flores..

INDONESIA


Mungkin banyak yang belum akrab dengan nama Goa Rangko ya? Saya pun salah satu orang yang tidak pernah mendengar nama goa ini sebelumnya kok. Namun saat saya sedang browsing mencari tempat wisata oke di Pulau Flores, nama Goa Rangko sering kali muncul. Ternyata Goa Rangko merupakan destinasi yang sedang hits banget di Flores sekarang ini. Sekilas sih gambarannya mirip dengan Goa Hawang di Pulau Kei Kecil, yang membedakan hanyalah jika air di Goa Hawang merupakan mata air tawar yang sangat jernih, sedangkan air di Goa Rangko merupakan air asin alias air laut. Walau mirip dengan Goa Hawang, tapi karena ini lagi hits banget di Flores, saya pun memutuskan untuk mengunjungi goa ini.

Continue Reading →

Keindahan Tanah Sumba, NTT..

INDONESIA


Menurut saya setiap daerah di Pulau Sumba, masing-masing punya keunikan tersendiri. Jadi tidak akan puas kalau cuma main di Sumba Barat atau Timur saja. Sebaiknya luangkan waktu lebih banyak kalau mau explore Sumba secara keseluruhan. Itinerary 4D3N sih rasanya cukup buat keliling Sumba ya. Nah sekarang, saya sambung cerita sebelumnya ya yaitu Sumba Barat Saya.

Continue Reading →

Road Trip Sumba..

INDONESIA


Akhirnya saya dapat kesempatan untuk menginjakkan kaki di tanah Sumba, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur. Kalau saya katakan bahwa letaknya persis di sebelah selatan Kepulauan Komodo, pasti kalian langsung terbayang deh dimana pulau ini. Iya kan? Sejak menjadi lokasi syuting film karya Mira Lesmana Pendekar Tongkat Emas, keindahan alam Sumba yang selama ini belum diketahui publik, kini mulai terdengar gaungnya. Apalagi dengan adanya media sosial yang ikut andil mendorong Sumba menjadi salah tujuan wisata yang mulai hits sekarang ini. Sumba itu memiliki keunikan yang tidak ada di tempat lain mulai dari savana, pantai, danau, hingga kampung adatnya. Sebelum jadi mainstream, wajib banget ke sini loh! Duh, saya jadi tidak sabar banget mau sharing keindahan Sumba nih, kita mulai saja yuk.

Continue Reading →

Naik Gunung Prau..

INDONESIA


Petualangan kali ini merupakan sebuah perjalanan yang dulunya cuma ada dalam bayangan saya saja. Tidak pernah terpikir untuk mencobanya langsung, padahal kalau ditanya apakah saya tertarik atau tidak? Jawabannya adalah sangat tertarik banget. Tapi kenapa dari dulu tidak pernah ada yang mengajak saya untuk naik gunung? Mungkin karena alasan safety juga sih. Tapi kalau boleh sombong ya, pengalaman traveling saya bisa dikasih 1 jempol lah, gak cupu-cupu banget kok. Haha. Pertama nih, saya pernah trekking naik gunung tapi tidak sambil bawa carrier dan tenda sih. Yah walau cuma Bromo sama Ijen, tapi tetap saja namanya gunung kan, hehe. Kedua, saya pernah bawa carrier buat satu trip panjang, mulai dari NTB sampai NTT ditambah Raja Ampat. Terus yang ketiga, saya pernah bangun tenda saat nge-trip, tapi bukan di gunung melainkan di tepi pantai Pulau Sempu. Nah menurut saya, naik gunung itu adalah gabungan antara trekking menanjak sambil bawa carrier dan tidur di tenda. Saya kan sudah pernah coba satu-satu tapi terpisah tuh, jadi sekarang gimana caranya saya siap untuk menjalankan semuanya sekaligus. Yah, bekal pengalaman saya itu bisalah dijadikan modal buat mencoba belajar naik gunung beneran. Jujur saja, sejak saya melihat indahnya sunrise di Gunung Ijen, rasanya benar-benar jatuh cinta dengan semua yang saya rasakan saat itu. Berdiri di atas gunung, dimana awan-awan terlihat berada di bawah kita, lalu sang mentari pun muncul dari balik awan-awan itu. Walau badan rasanya mengigil menahan dingin, tapi sensasi ini layak untuk diulang kembali lagi dan lagi.

Continue Reading →