– Aceh

Behind the Scene “Happy Holiday” Episode Sabang..

“Packing packing…”

Nah kali ini, konsep packingnya beda nih. Kalau biasanya kan bawa pakaian sesedikit mungkin. TAPI karena sekarang traveling ala syuting, kalau bisa sih sebanyak-banyaknya. Biar ganti-ganti kostum dan pastinya harus colourful dong. Hehe.

Yeah, kali ini liburan ke Sabang, Aceh. Kenapa Aceh? Karena saya dan teman-teman saya udah kebanyakkan explore daerah timur, jadilah kami putuskan untuk liburan ke daerah Indonesia barat, tapi tetap harus bisa diving juga. Maklum isinya diver semua.

Continue Reading →

Masjid Sejarah..

Saat sedang melihat koleksi foto traveling di computer, saya baru sadar ternyata saya punya banyak koleksi foto masjid di Indonesia. Foto-foto itu didapat ketika saya kebetulan singgah di kota tempat masjid itu berada. Saya pun teringat kalau di antaranya ada beberapa masjid yang kental dengan nilai sejarahnya. Penasaran seperti apa sejarahnya? Yuk, coba simak beberapa info yang saya dapatkan ketika berkunjung ke sana.

Pertama, saya akan mulai dari Medan. Mesjid yang bernama lengkap Masjid Raya Al Ma’sun Medan merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli, Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Diperkirakan mesjid ini dibangun pada tahun 1906 M. Saat berkeliling dalam kompleksnya, saya baru sadar ternyata masjid ini berbentuk segi delapan. Masjid ini memiliki 5 kubah, dengan kubah paling besar berada diatas bangunan utama dan 4 kubah lainnya di setiap bagian sayapnya. Selain itu, bangunan ini juga kaya ornamen di sekelilingnya.

Continue Reading →

Wisata Tsunami..

Banda Aceh menawarkan suatu wisata yang berbeda dibandingkan daerah lain di Indonesia. Wisata yang mengingatkan kita akan bencana tsunami yang melanda Aceh di akhir tahun 2004 lalu. Tsunami yang menerjang Aceh banyak meninggalkan bukti sejarah akan keganasan tumpahan air yang datang saat itu. Bukti-bukti itu lah yang kini dijadikan objek wisata tsunami oleh pemerintah setempat.

Okay, kepergian kami ke Aceh ini ialah dalam rangka syuting untuk acara Happy Holiday Trans 7. Di sini saya bersama 3 teman saya yang bertugas sebagai host untuk episode Banda Aceh dan Sabang. Wisata tsunami ini merupakan hari terakhir kami syuting di Aceh. Karena padatnya jadwal syuting, ada satu tempat yang tidak dapat kami kunjungi yaitu Museum Tsunami. Ya ampun, padahal arsitek museum itu dosen saya sendiri loh. Haduh!

Syuting pertama dimulai di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung. Awalnya benda ini merupakan sumber listrik untuk warga Banda Aceh yang sedang ‘parkir’ di Pelabuhan Ulee Lheue. Namun akibat hantaman gelombang tsunami yang sangat kuat, tongkang seberat 2.600 ton ini pun terseret hingga 4 kilometer jauhnya. Tongkang yang tadinya berada di laut kini terdampar di antara rumah-rumah penduduk. Entah berapa banyak rumah yang habis tertimpa benda raksasa ini coba?

Continue Reading →

Explore Weh Island..

Hm, Pulau Weh, Aceh tenyata benar-benar surga atas bawah. Pesona eloknya dimulai dari daratan yang kaya akan pantai menawan, segarnya air terjun, peninggalan bangunan sejarahnya, hingga alam bawah lautnya yang benar-benar indah dan unik banget. Tidak heran pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh para turis. Hal ini terbukti dari banyaknya turis yang saya temui di pulau ini, yang kebanyakkan adalah turis asing. Kalau orang-orang asing itu banyak yang berbondong-bondong ke Pulau Weh, kita sebagai orang Indonesia gak boleh kalah dong. Yah gak!

Continue Reading →

Laut di Ujung Barat Nusantaraku..

Setelah keseringan nyobain bawah lautnya Indonesia bagian timur, akhirnya datang juga kesempatan buat nyobain yang bagian barat nih. Kalau dipikir-pikir keindahan bawah laut Indonesia kebanyakan terfokus di daerah bagian timur ya. Padahal di ujung barat Indonesia, ada juga daerah yang terkenal banget dengan keindahan bawah lautnya. Siapa sih yang tidak kenal dengan Sabang, sebuah kota yang terletak di pulau ujung barat Pulau Sumatra, yang namanya telah mengaung internasional. Pulaunya sendiri bernama Pulau Weh. Di sekitaran pulau inilah yang kaya akan terumbu karang dan biota lautnya. Namun sejak tsunami melanda daerah Aceh dan sekitarnya, termasuk juga Pulau Weh, rusaklah keindahan bawah lautnya. Karena itulah pamor Pulau Weh pun mulai meredup. Diperlukan waktu yang lama untuk mengembalikannya seperti keadaan semula.

Continue Reading →