– Central Java

Wisata ‘Religi’ di Semarang..

INDONESIA


Jika jalan-jalan ke Semarang, kita akan disuguhi dengan berbagai keindahan arsitektur yang kaya akan nilai sejarah di setiap sudut kotanya. Bangunan-bangunan tersebut kebanyakan memiliki fungsi sebagai tempat untuk beribadah juga. Karena itulah saya menyebutnya sebagai wisata religi. Walau sebagai tempat ibadah, bangunan-bangunan yang saya akan ceritakan ini merupakan objek wisata yang memang dibuka untuk umum. Namun jika ingin berkunjung ke sini sebaiknya tetap menggunakan busana yang sopan untuk menghormati tempat-tempat ibadah tersebut.

Continue Reading →

Naik Gunung Prau..

INDONESIA


Petualangan kali ini merupakan sebuah perjalanan yang dulunya cuma ada dalam bayangan saya saja. Tidak pernah terpikir untuk mencobanya langsung, padahal kalau ditanya apakah saya tertarik atau tidak? Jawabannya adalah sangat tertarik banget. Tapi kenapa dari dulu tidak pernah ada yang mengajak saya untuk naik gunung? Mungkin karena alasan safety juga sih. Tapi kalau boleh sombong ya, pengalaman traveling saya bisa dikasih 1 jempol lah, gak cupu-cupu banget kok. Haha. Pertama nih, saya pernah trekking naik gunung tapi tidak sambil bawa carrier dan tenda sih. Yah walau cuma Bromo sama Ijen, tapi tetap saja namanya gunung kan, hehe. Kedua, saya pernah bawa carrier buat satu trip panjang, mulai dari NTB sampai NTT ditambah Raja Ampat. Terus yang ketiga, saya pernah bangun tenda saat nge-trip, tapi bukan di gunung melainkan di tepi pantai Pulau Sempu. Nah menurut saya, naik gunung itu adalah gabungan antara trekking menanjak sambil bawa carrier dan tidur di tenda. Saya kan sudah pernah coba satu-satu tapi terpisah tuh, jadi sekarang gimana caranya saya siap untuk menjalankan semuanya sekaligus. Yah, bekal pengalaman saya itu bisalah dijadikan modal buat mencoba belajar naik gunung beneran. Jujur saja, sejak saya melihat indahnya sunrise di Gunung Ijen, rasanya benar-benar jatuh cinta dengan semua yang saya rasakan saat itu. Berdiri di atas gunung, dimana awan-awan terlihat berada di bawah kita, lalu sang mentari pun muncul dari balik awan-awan itu. Walau badan rasanya mengigil menahan dingin, tapi sensasi ini layak untuk diulang kembali lagi dan lagi.

Continue Reading →

Masjid Sejarah..

Saat sedang melihat koleksi foto traveling di computer, saya baru sadar ternyata saya punya banyak koleksi foto masjid di Indonesia. Foto-foto itu didapat ketika saya kebetulan singgah di kota tempat masjid itu berada. Saya pun teringat kalau di antaranya ada beberapa masjid yang kental dengan nilai sejarahnya. Penasaran seperti apa sejarahnya? Yuk, coba simak beberapa info yang saya dapatkan ketika berkunjung ke sana.

Pertama, saya akan mulai dari Medan. Mesjid yang bernama lengkap Masjid Raya Al Ma’sun Medan merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli, Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Diperkirakan mesjid ini dibangun pada tahun 1906 M. Saat berkeliling dalam kompleksnya, saya baru sadar ternyata masjid ini berbentuk segi delapan. Masjid ini memiliki 5 kubah, dengan kubah paling besar berada diatas bangunan utama dan 4 kubah lainnya di setiap bagian sayapnya. Selain itu, bangunan ini juga kaya ornamen di sekelilingnya.

Continue Reading →

Foto Fashion Bawah Laut..

Dengan bus malam dari Bandung, kami berangkat menuju ke Jawa Tengah. Kami berangkat sekitar pukul 19.00 dan tiba esok harinya sekitar 6.30 di Jepara. Tujuan kami adalah Pelabuhan Kartini. Namun ternyata bus tersebut tidak mengantarkan kami tepat di depan pelabuhan, sehingga kami harus menyambung dengan becak lagi. Untuk ongkos becaknya ialah sebesar Rp 5.000,-

Kami pun segera membeli tiket kapal ASDP (ferry) yang bernama KM. Muria. Kapal ini akan mengantarkan kami ke kepulauan Karimun Jawa, yang berada di sebelah utara Jawa Tengah. Penyebrangan ini memakan waktu kurang lebih 4 jam. Untung kami pergi berombongan, sehingga lamanya waktu pun tidak terasa. Karena sepanjang perjalanan, kami saling bertukar cerita.

Continue Reading →