Travel Notes

Gili Trawangan, My Favorite Island..

INDONESIA


Saat pertama kali menginjakan kaki di Gili Trawangan, saya seperti berada di negara orang lain. Semua yang saya lihat isinya orang asing alias bule di mana-mana. “Apa saya salah naik kapal, terus nyampe Australia ya?” ujar saya dalam hati. Jarang banget bertemu orang berambut hitam, hampir semua orang yang saya temui rambutnya berwarna pirang.

Setelah berjalan menjahui pantai, barulah saya bertemu dengan sesama orang Indonesia, yang ternyata adalah warga lokal. Orang itu bernama Hendra, yang bekerja sebagai pelayan hotel di pulau ini. Hendra sendiri mengatakan senang sekali bertemu dengan tamu orang Indonesia yang isinya anak muda semua seperti kami. Kata dia, jarang sekali ada orang Indonesia yang main ke Gili Trawangan, kebanyakan hanya turis asing saja selama ini. Inilah awal cerita singkat saya saat liburan pertama kali ke Gili Trawangan tahun 2009.

Continue Reading →

Keindahan Tanah Sumba, NTT..

INDONESIA


Menurut saya setiap daerah di Pulau Sumba, masing-masing punya keunikan tersendiri. Jadi tidak akan puas kalau cuma main di Sumba Barat atau Timur saja. Sebaiknya luangkan waktu lebih banyak kalau mau explore Sumba secara keseluruhan. Itinerary 4D3N sih rasanya cukup buat keliling Sumba ya. Nah sekarang, saya sambung cerita sebelumnya ya yaitu Sumba Barat Saya.

Continue Reading →

Road Trip Sumba..

INDONESIA


Akhirnya saya dapat kesempatan untuk menginjakkan kaki di tanah Sumba, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur. Kalau saya katakan bahwa letaknya persis di sebelah selatan Kepulauan Komodo, pasti kalian langsung terbayang deh dimana pulau ini. Iya kan? Sejak menjadi lokasi syuting film karya Mira Lesmana Pendekar Tongkat Emas, keindahan alam Sumba yang selama ini belum diketahui publik, kini mulai terdengar gaungnya. Apalagi dengan adanya media sosial yang ikut andil mendorong Sumba menjadi salah tujuan wisata yang mulai hits sekarang ini. Sumba itu memiliki keunikan yang tidak ada di tempat lain mulai dari savana, pantai, danau, hingga kampung adatnya. Sebelum jadi mainstream, wajib banget ke sini loh! Duh, saya jadi tidak sabar banget mau sharing keindahan Sumba nih, kita mulai saja yuk.

Continue Reading →

4 Pulau di Belitung yang Wajib Dikunjungi..

INDONESIA


Mendengar kata ‘Belitung’ membuat kita langsung terbayang gambaran pulau pasir putih dengan bongkahan batu-batu raksasa yang tersebar di sepanjang pantainya. Sebenarnya tidak hanya di Belitung saja, tapi hampir di seluruh Kepulauan Riau hingga Semenanjung Malaysia, kita dapat menjumpai deretan bongkahan batu granit raksasa ini. Namun dibandingkan pulau lainnya, nama Belitung yang selalu menjadi pilihan utama untuk berwisata ke pantai dengan batu-batu raksasa ini. Apalagi sejak novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata berhasil menghipnotis para pembacanya untuk datang dan melihat langsung keindahan alam Belitung yang dituangkan dalam cerita novelnya. Hampir di setiap pulau di Belitung, kalian pasti akan menemukan bongkahan batu raksasa ini dengan mudah. Jadi setiap pindah dari satu pulau ke pulau lainnya, pasti ketemu batu-batu raksasa ini melulu. Nah tapi menurut saya, ada 4 pulau yang unik dan wajib didatangi di sini. Walau tetap akan ketemu batu-batu raksasa juga, tapi bentuknya unik dan cuma ada di pulau itu saja loh.

Dari bandara Tanjung Pandan, saya langsung menuju Pantai Tanjung Kelayang. Saat itu kami nyetir sendiri sih, jadi kami sewa mobil dengan sistem lepas kunci gitu. Tenang saja, tidak akan nyasar kok, karena sepanjang jalan di Belitung sudah dilengkapi dengan petunjuk jalan. Sekitar 50 menit perjalanan, saya sudah tiba di pantai yang dipenuhi kapal-kapal kayu di Tanjung Kelayang. Kami pun menyewa salah satu kapal beserta alat snorkeling untuk island hopping. Kami bebas memilih pulau mana saja yang ingin didatangi. Pokoknya hitungan sewanya adalah kami sewa seharian dan bebas kemana saja. Terus untungnya kapal-kapal di sini punya atap semua, jadi tidak perlu takut gosong di laut deh.

Continue Reading →

Naik Gunung Prau..

INDONESIA


Petualangan kali ini merupakan sebuah perjalanan yang dulunya cuma ada dalam bayangan saya saja. Tidak pernah terpikir untuk mencobanya langsung, padahal kalau ditanya apakah saya tertarik atau tidak? Jawabannya adalah sangat tertarik banget. Tapi kenapa dari dulu tidak pernah ada yang mengajak saya untuk naik gunung? Mungkin karena alasan safety juga sih. Tapi kalau boleh sombong ya, pengalaman traveling saya bisa dikasih 1 jempol lah, gak cupu-cupu banget kok. Haha. Pertama nih, saya pernah trekking naik gunung tapi tidak sambil bawa carrier dan tenda sih. Yah walau cuma Bromo sama Ijen, tapi tetap saja namanya gunung kan, hehe. Kedua, saya pernah bawa carrier buat satu trip panjang, mulai dari NTB sampai NTT ditambah Raja Ampat. Terus yang ketiga, saya pernah bangun tenda saat nge-trip, tapi bukan di gunung melainkan di tepi pantai Pulau Sempu. Nah menurut saya, naik gunung itu adalah gabungan antara trekking menanjak sambil bawa carrier dan tidur di tenda. Saya kan sudah pernah coba satu-satu tapi terpisah tuh, jadi sekarang gimana caranya saya siap untuk menjalankan semuanya sekaligus. Yah, bekal pengalaman saya itu bisalah dijadikan modal buat mencoba belajar naik gunung beneran. Jujur saja, sejak saya melihat indahnya sunrise di Gunung Ijen, rasanya benar-benar jatuh cinta dengan semua yang saya rasakan saat itu. Berdiri di atas gunung, dimana awan-awan terlihat berada di bawah kita, lalu sang mentari pun muncul dari balik awan-awan itu. Walau badan rasanya mengigil menahan dingin, tapi sensasi ini layak untuk diulang kembali lagi dan lagi.

Continue Reading →