Pantai Cantik nan Unik di Lombok Selatan..

INDONESIA


Jika membicarakan keindahan pantai di Lombok, biasanya nama Gili yang muncul pertama kali sebagai top of mind-nya. Memang benar sih, keindahan pantai di ketiga Gili yang berada di Lombok Utara sangat mempesona nan menawan. Tapi ternyata pantai-pantai cantik itu tidak hanya ada di daerah Lombok Utara saja loh. Di Lombok Selatan juga banyak pantai-pantai dengan pemandangan yang akan membuat kita berdecak kagum. Hampir setiap pantainya berada dalam teluk, sehingga kiri kanannya terlindungi dan dibatasi dengan perbukitan hijau. Itulah yang menjadi daya tarik pantai di daerah selatan ini, karena pemandangan yang disajikan terlihat lebih indah. Terus alasan lain yang buat saya tertarik dengan pantai di Lombok Selatan adalah karena lokasi pantainya yang saling berdekatan. Kita bisa berpindah dari satu pantai ke pantai lainnya dengan mudah dan santai. Dalam 1 hari, kita bisa menikmati keindahan pantai-pantai di Lombok Selatan ini tanpa terburu-buru. Walau berdekatan, tapi setiap pantai-pantai itu punya keunikan tersendiri loh. Mau tau apa aja keunikannya?

Oke, mari kita mulai ceritanya dengan pantai favorite saya yang bernama Pantai Mawun. Sebuah pantai yang telah terfasilitasi dengan baik untuk para wisatawan. Nampak banyak deretan bangku payung tersusun rapi di sepanjang pinggir pantai yang siap disewakan kepada wisatawan. Harga sewanya tidak mahal kok, hanya dengan Rp 50.000 sudah termasuk 2 bangku, 1 meja dan 1 payung besar untuk seharian penuh. Saya pun memutuskan untuk menyewa 1 set bangku payung ini. Karena sangat nyamannya, saya sampai tertidur saat sedang beristirahat siang di sini. Sambil bersantai, kita bisa mencicipi kelapa muda atau nanas madu yang dijual di pinggir pantai. Saya sangat suka pantai ini, karena pantainya bersih sekali dan tidak terlalu ramai walaupun weekend. Ombak di sini pun tidak terlalu besar, sehingga masih nyaman untuk berenang. Dari semua pantai di Lombok Selatan, wajib banget untuk main ke Mawun. Kalau tidak ke sini, nanti pasti menyesal deh.

Sekarang lanjut ke pantai yang cukup terkenal berikutnya yaitu Tanjung Aan. Di sini ada ayunan yang menjadi primadona pantai ini. Karena begitu hits-nya ayunan ini, biasanya orang-orang berebutan untuk foto di sini. Tapi kalau saya pribadi kurang suka dengan pantainya sih, karena tidak sebersih Pantai Mawun. Di pantainya ada bekas sampah yang terbawa ombak, dan tertinggal membentuk garis coklat yang lebar di sepanjang pinggir pantai. Kalau tidak terlalu suka dengan pantainya, kita bisa juga explore pulau di sekitarnya. Ada banyak perahu-perahu kecil yang disewakan di sini. Tujuan utama yang diincar para turis biasanya adalah ke Batu Payung yang berjarak 20 menit. Selain itu ada 2 tujuan lain yang akan disinggahi juga. Jadi sekali sewa perahu, kita bisa explore 3 objek wisata sekaligus.

Jika kurang puas foto di ayunan Tanjung Aan, kalian bisa coba ke Pantai Seger. Di sini ada ayunan yang bernama Ayunan Mandalika. Jika dibandingkan dengan Tanjung Aan, saya lebih suka ayunan di Pantai Seger karena ada bendera merah putih di atasnya. Ditambah lagi, karena pantainya yang lebih bersih dan tidak terlalu ramai. Jadi kita bisa main ayunan dengan puas seharian deh. Selain itu, di kiri kanan ayunannya juga ada beberapa saung loh. Lumayan kan, jadi kita bisa istirahat sambil berteduh dengan nyaman dan gratis. Haha.

Berikutnya lanjut ke Pantai Selong Belanak ya. Dari semua pantai yang saya datangi, pantai inilah yang paling ramai. Gak heran sih kenapa pantai ini ramai, karena selain pantainya memang sudah cantik ditambah lagi bisa jadi alternatif buat surfing juga. Banyak juga surfer yang datang untuk mencicipi ombak di Selong Belanak ini. Jadi kalau sudah bosan leyeh-leyeh, bisa langsung meluncur ke laut untuk berenang atau berselancar. Mungkin kalau dibayangkan, kira-kira cantiknya hampir sama dengan Pantai Mawun, hanya saja pantai ini cukup berombak.

Nah pantai yang terakhir ini namanya mirip sekali dengan pantai yang ada di Bali, yaitu Pantai Kuta. Yang unik di pantai ini adalah butiran pasirnya yang besar-besar. Karena ukuran butiran pasirnya yang sebesar merica (yang belum ditumbuk halus) maka seringkali pantai ini disebut pantai merica. Jika berjalan tanpa alas kaki di pantai ini, rasanya kasar dan kadang terasa keras di permukaan telapak kaki. Walaupun pasirnya seperti itu, tapi Kuta adalah daerah pantai yang paling ramai dengan penginapan dan restoran. Sehingga pantai ini menjadi cukup terkenal dan selalu banyak turis-turis yang berkumpul di sini.

Selain pantai-pantai yang sudah saya ceritakan di atas, sebenarnya ada 1 lagi pantai yang cukup terkenal namanya tapi tidak berada di daerah selatan. Pantai ini bernama Pantai Sengigih dan letaknya di sebelah barat Lombok. Pasti banyak yang sudah pernah mendengar nama pantai ini kan? Pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang yang pernah saya datangi. Jika pantai di selatan biasanya dibatasi oleh perbukitan di kiri atau kanannya, sedangkan Pantai Sengigih memiliki hamparan pasir yang memanjang di sepanjang pinggiran laut. Jadi pemandangan yang ditawarkan oleh Sengigih adalah keindahan laut biru dan cakrawala yang luas membentang di hadapan kita. Oh ya, kalau kalian ingin menyeberang ke Gili melalui Lombok, bisa sekalian mampir ke sini loh. Walau letaknya jauh sendiri, saya rekomendasi banget untuk main ke pantai ini, apalagi saat sunset. Karena Pantai Sengigih adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset di Pulau Lombok.

© kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*