Panorama Danau Toba..

INDONESIA


Hmm, saya sebenarnya kurang suka main atau berenang di danau. Jadi setiap kali main ke danau, saya biasanya malah mencari dataran tinggi. Karena menurut pengalaman saya, setiap danau biasanya punya spot dimana kita bisa memandangi danau itu dari ketinggian. Saya tidak bilang kalau semua danau bisa dilihat dari atas ya, tapi kebanyakan memang ada spot seperti itu. Nah balik lagi ke cerita sebelumnya, sekarang saya mau sharing spot-spot oke untuk menikmati keindahan panorama Danau Toba dari atas. Karena Danau Toba dikelilingi oleh 7 kabupaten, ada banyak pilihan alternatif untuk menikmati keindahannya dari berbagai sudut. Beberapa spot-nya ada di bawah ini, simak ya.

1. One Tree Hill, Taman Simalem Resort

Spot pertama ini berada di dalam sebuah resort yang cukup terkenal di Sumatera Utara, namanya Taman Simalem Resort. Lokasinya berada di daerah Merek, Tanah Karo. Jika dari kota Medan, akan memakan waktu kurang lebih 3 jam apabila menggunakan mobil pribadi. Walaupun berada dalam kompleks resort, kalian tidak harus menginap jika ingin menikmati pemandangan Danau Toba-nya saja. Cukup dengan membayar entrance fee, kalian sudah bisa keliling resort ini. Lokasi yang paling oke untuk memandangi kecantikan Danau Toba adalah One Tree Hill. Kenapa namanya seperti itu? Karena tepat di atas bukitnya, hanya terdapat 1 pohon yang menjadi icon spot ini. Dari sini, saya bisa melihat keindahan Danau Toba di antara perbukitan hijau yang mengelilinginya. Selain itu, terlihat juga beberapa kampung nelayan di sepanjang di pinggir danau. Sungguh sebuah perpaduan yang sangat cantik nan harmonis. Oh ya, saya dengar kalau sunrise di sini juga oke banget loh. Jadi buat yang hobi hunting sunrise, bisa dicoba kalau lagi main ke Sumatera Utara nih.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Masih di daerah Merek, sekarang saya lanjut ke Air Terjun Sipiso-piso yang tepatnya terletak di desa Tongging. Selain bisa menikmati pesona air terjun tertinggi di Indonesia ini, kita juga bisa melihat Danau Toba dari kejauhan loh. Walau danaunya tidak persis terlihat di bawah kita, tapi pemandangan yang disajikan tetap tidak kalah cantiknya. Nah kalau mau tahu cerita Sipiso-sipo yang lain, bisa baca di sini ya.

3. Menara Pandang Tele, Samosir

Menara pandang ini adalah sebuah bangunan yang terdiri dari 4 tingkat. Menara yang terletak di daerah Samosir ini, diresmikan sejak tahun 1988. Dari sini, kita dapat melihat keindahan Danau Toba dan sebagian daratan dari Pulau Samosir. Walau begitu pemandangan Danau Toba di sini tidak dapat terlihat penuh karena ada sebuah bukit hijau yang menutupinya. Ternyata menara ini selalu menjadi destinasi para turis yang ingin menuju Pulau Samosir lewat akses darat. Oke sebelum bingung, saya jelaskan dulu tentang akses ke Pulau Samosir ya. Walaupun Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba, tapi keduanya masih dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dibangun sejak masa Belanda. Jadi kalau tidak mau menyeberang dengan kapal ferry, kalian bisa memilih jalur Tele ini. Namun jika dibandingan dengan ferry, jalur darat Tele jarang menjadi pilihan pertama bagi para turis. Alasannya adalah karena jalan yang ditempuh berkelok-kelok dan cukup curam, belum lagi ditambah dengan lebar jalan yang sempit. Tapi buat saya sih, tidak ada salahnya buat dicoba sekali, agar tidak penasaran. Hehe.

4. Sipinsur

Sipinsur adalah suatu daerah yang termasuk dalam Kabupaten Humbang Hasundutan. Sipinsur sudah cukup terkenal sebagai spot panorama Danau Toba di kalangan para turis lokal. Yang saya sukai di sini adalah suasana perbukitan dengan deratan pohon pinus yang terasa begitu nyaman. Uniknya lagi, dari sini kita dapat melihat Pulau Sibandan, sebuah pulau kecil di tengah Danau Toba. Ternyata Pulau Samosir bukanlah satu-satunya pulau yang berada di tengah danau ini loh. Saya pun baru mengetahuinya saat berkunjung ke Sipinsur ini. Untuk dapat sampai ke sini, jika dari Bandara Silangit, waktu yang ditempuh sekitar 45 menit. Sayangnya, di sini belum tersedia angkutan umum, jadi harus menggunakan kendaraan pribadi deh.

Oke sekian cerita singkat saya tentang spot untuk melihat panorama Danau Toba dari ketinggian. Buat yang mau liburan ke Sumatera Utara, wajib banget buat mampir ke Danau Toba ya. Sumatera Utara tidak hanya Medan loh, kalau belum ke Danau Toba artinya kamu belum ke Sumatera Utara. Hehe.

Additional information

– Entrance fee Taman Simalem : Rp 250.000,-/mobil

– Tiket masuk Menara Pandang Tele : Rp 2.000,-/orang

© kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*