Danau Air Asin di Satonda..

INDONESIA


Saat sailing dari Lombok menuju Flores, saya sempat singgah di Pulau Satonda. Pulau Satonda adalah pulau kosong tak berpenghuni yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Menurut guide saya, turis domestik jarang yang main ke sini. Turis asing lah yang biasanya suka mampir ke pulau ini.

Pulau ini tepatnya berada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Yang membuat pulau ini menjadi unik adalah keberadaan sebuah danau purba di tengah pulau ini. Disebut purba karena danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Satonda beribu-ribu tahun yang lalu. Gunung Satonda itu sendiri merupakan sebuah gunung api yang berada seribu meter di dalam laut. Letusan gunung api itu menciptakan sebuah kawah yang besar dan seiring waktu terus terisi air hingga menjadi danau.

Jika biasanya danau itu air tawar, tapi Danau Satonda ini ternyata berisi air asin loh. Menurut kabar yang beredar, pada awalnya air dalam danau ini adalah air tawar. Namun saat letusan Gunung Tambora, terjadi tsunami yang sangat dasyat. Sehingga air laut yang berada di luar Pulau Satonda, menjadi tersapu masuk ke tengah pulau dan tertampung di dalam danau itu. Hingga sekarang Danau Satonda menjadi salah satu danau air asin di Indonesia.

Setelah kapal kami parkir di dermaga, kami pun mulai berjalan masuk ke dalam pulau ini. Di dalamnya sudah ada jalan setapak dengan paving block yang akan mengarahkan kita ke danau. Kami tinggal berjalan mengikuti paving block itu saja, jadi tidak perlu takut nyasar deh. Saat tiba di tepi danaunya, saya melihat banyak batu-batu kecil yang bergantungan di pohon. Setelah saya tanya kepada guide-nya, ternyata pohon ini dikenal sebagai Pohon Harapan. Batu-batu yang digantung merupakan permohonan doa dari para turis yang datang. Katanya kalau punya keinginan, tinggal berdoa pada Tuhan dan menggantung batu di pohon. Banyak orang percaya bahwa dengan menggantung batu, keinginannya akan terkabul. Kalau mitos ini, kalian bebas boleh percaya atau tidak ya.

Cara panggil oke untuk menikmati keindahan danau ini adalah dengan trekking hingga ke puncak. Sehingga dari atas, kalian bisa bebas memandang hampir keseluruhan pulau dan danaunya. Namun karena kami tidak ada yang ingin trekking ke atas, jadinya cuma main di dipinggir danau saja deh.

Tidak hanya landscape pulau dan danaunya saja yang cantik, namun alam bawah lautnya juga sangat menggoda. Karena potensi kekayaan terumbu karangnya ini, Pulau Satonda pun dijadikan sebagai Taman Wisata Laut (TWAL). Belum lagi ditambah keindahan pantainya dengan hamparan pasir putih yang luas, menjadikan pulau ini satu paket lengkap untuk liburan.

Dari mulai bagian luar hingga ke dalam pulaunya, Pulau Santonda ini menawarkan keunikan dan keindahan yang layak untuk kita datangi. Kalau bule saja rela terbang jauh-jauh ke Santonda, masa kita kalah dengan mereka. Apalagi kalau punya drone, seru banget hunting foto di sini loh. Ayo visit Satonda ya! 🙂

© kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*