Main Salju di Swiss..

SWITZERLAND


Bagi saya yang tinggal di negara dengan dua musim, pengalaman bisa melihat, memegang hingga main lempar-lemparan salju itu rasanya benar-benar tak terlupakan. Ditambah lagi main saljunya di Swiss pula, hmm, makin jadi rasanya kan? Hehe. Saya ingat pertama kali melihat salju itu (bukan dari televisi loh maksudnya), ketika di pesawat saat terbang dari Frankfurt menuju Rome. Dari jendela pesawat, nampak pegunungan yang puncaknya tertutupi oleh warna putihnya salju. Saya menduga gugusan pegunungan itulah adalah pegunungan Alpen. Mata saya rasanya benar-benar takjub melihatnya. Thank God, akhirnya kesempatan untuk main-main salju akan segera terwujud.

Hari pertama di Swiss, kami langsung meluncur ke Engelberg untuk main salju di Mount Titlis. Titlis terkenal akan salju abadi yang menutupinya, jadi mau musim apapun ke sini pasti tetap bisa melihat salju. Selain itu, Titlis merupakan satu-satunya glacier yang dibuka untuk publik sebagai salah satu objek wisata oleh pemerintah Swiss sejak seabad yang lalu.

Sesampainya di Engelberg, kami diberikan tanda masuk berupa stiker yang ditempelkan pada pakaian. Stikernya tidak boleh hilang ya, nanti tidak bisa keluar loh. Untuk mencapainya puncak Titlis, kami harus naik cable car sebanyak 3 kali. Pertama, kami naik cable car (gondola) yang berisi 4-6 orang dari Engelberg ke Trübsee (1,796 m). Dari gondola ini, terlihat jelas pemandangan Engelberg yang begitu hijau asri. Benar-benar memanjakan mata saya! Setelah itu dilanjutkan dengan naik cable car yang lebih besar dan berbentuk kotak menuju Stand (2,428 m). Dari sini, mulai terlihat salju putih di beberapa area perbukitannya. Selanjutnya yang terakhir kami naik cable car yang berbentuk bundar dan dapat berputar 360 derajat menuju Titlis (3.029 m). Cable car yang terakhir inilah yang menjadi primadonanya, karena dapat berputar sehingga para pengunjung di dalamnya dapat menikmati pemandangan sekeliling dengan leluasa. Cable car ini dikenal dengan sebutan Titlis Rotair. Pada cable car kedua dan ketiga memiliki ukurannya yang cukup besar, jadi kami masuk bersama pengunjung yang lain juga, sekitar 20-30 orang di dalamnya.

Begitu sampai di Titlis, mata saya hanya melihat warna putih di mana-mana. Walau rasa dingin cukup menusuk di atas sini, tapi kami tetap sibuk bermain salju sampai cobain tidur-tiduran di atasnya. Selagi asik mainan salju, tiba-tiba hujan salju pun turun. Woowww! Kepala saya mulai tertutupi oleh warna putih. Makin lama hujan saljunya makin tebal. Ya ampun, rasanya badan saya nyaris mengigil. Walau begitu, kami belum bosan main di sini dan lanjut nyobain Ice Flyer Chair Lift. Ice flyer itu kayak cable car tapi bentuknya bangku panjang. Saat sedang summer, ice flyer akan mengantarkan kalian menuju Glacier Park. Di sini para pengunjung bisa bermain snowtubing yaitu seluncuran dengan ban karet di atas track salju. Sedangkan saat winter, kalian akan menuju area untuk bermain ski atau snowboarding di lereng bukit. Bagi yang belum pernah main ski, gak perlu khawatir, karena di sini juga disediakan fasilitas bagi pemula.

Setelah itu, kami masih lanjut nyobain Titlis Cliff Walk yang katanya merupakan jembatan gantung tertinggi di Eropa. Rasanya seru banget melewati jembatan dengan ketinggian 500 dari tanah, dengan pemandangan hamparan salju di mana-mana, dan ditambah angin dan hujan salju yang menerpa. Brrr! Belum nyerah juga, kami pun masuk ke Glacier Cave (gua es). Gua ini lebih mirip dengan terowongan panjang yang terbuat dari es semuanya. Katanya es di sini telah lama beku sebelum jaman prasejarah loh. Dikelilingi es di mana-mana, membuat badan bertambah dingin sampai mulut saya bisa mengeluarkan asap saat berbicara. Duh, pengen banget menghangatkan badan rasanya. Untungnya di atas sini ada restaurant juga loh. Enak banget rasanya bisa mengisi perut abis hujan-hujanan salju. Oh ya, katanya di sini kita juga bisa nyobain ice cream khas Swiss loh, namanya Movenpick. Sayangnya, sangkin dinginnya, saya gak kepikiran dengan ice cream ini. Artinya saya harus balik lagi nih buat nyobain makan es krim di atas gunung es. Hehe. See you Titlis, thank you for this unforgettable experience.

Additional information

– Tiket cable car Engelberg – Trübsee : 30 CHF

– Tiket cable car Engelberg – Stand : 51 CHF

– Tiket cable car Engelberg – Titlis : 89 CHF

– Tiket Ice Flyer Chair Lift : 12 CHF

– Tiket Titlis Cliff Walk dan Glacier Cave : free

 © kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*