Titik Awal Suku Batak..

Biasanya Medan atau Sumatera Utara identik dengan Danau Toba kan? Hm, gimana kalau sekali-sekali cobain wisata sejarahnya. Nah waktu saya main ke sana, gak sengaja nemu salah satu objek wisata sejarah di sini. Akhirnya saya pun memarkirkan mobil dan berjalan-jalan sambil bertanya mengenai informasi mengenai bangunan ini.

Ini adalah salah satu objek wisata sejarah Tanah Batak yang terletak di kawasan pegunungan Pussuk Buhit, kabupaten Samosir. Tempat ini dikenal dengan nama “Ruma Parsaktian” yang artinya rumah kesaktian.

Tempat ini dipercaya sebagai awal muasalnya suku Batak. Dari tempat inilah, nenek moyang orang Batak memulai perjalanan panjangnya dan menyebar ke segala penjuru daerah. Konon, Raja Batak pertama berawal di sini hingga akhirnya beranak keturunan, yang dikenal dengan keturunan raja. Hal ini juga dapat terlihat dari patung-patung yang melambangkan keturunan Raja Batak lengkap dengan pegawal dan kendaraannya (gajah, naga, singa, harimau dan kuda) yang terdapat dalam bangunan ini.

Setelah asik memotret setiap sudut Ruma Parsakitan ini, saya pun berjalan ke pinggir tebing untuk melihat lanskap indah di bawah sana. Dari atas, saya bisa melihat hamparan sawah hijau yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Begitu asri dan tenang terlihat. Nampaknya hanya sedikit penduduk yang tinggal di bawah sana, karena hanya sedikit atap rumah yang terlihat dari atas sini.

Tak jauh dari tempat itu, terlihat sebuah bangunan rumah yang berada di kaki bukit. Tempat itu dikenal dengan nama “Batu Hobon” yang berarti peti batu. Tempat ini dianggap sebagai tempat yang keramat oleh masyarakat Batak. Di dalam rumah itu terdapat sebuah peti batu dengan ukuran diameternya 1 meter. Konon batu ini digunakan sebagai tempat Raja menyimpan harta kekayaan orang Batak, yang berupa benda-benda pusaka dan alat-alat musik.

Menurut cerita turun temurun yang beredar, sejak zaman Belanda sudah ada tiga kali orang berusaha untuk membuka Batu Hobon ini, baik dengan cara manual dengan tangan hingga yang menggunakan sejata atau bahan peledak. Namun ketiganya gagal membuka batu tersebut. Bahkan semuanya berakhir dengan terkena petaka hingga akhirnya meninggal dunia. Hingga sekarang, belum ada lagi yang berani membuka peti ini. [Oct ’08]

 © kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

One Response to Titik Awal Suku Batak..
  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai eksplorasi Indonesia yang menarik. Sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui Indonesia yang menarik dan penuh dengan suasana baru.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di www[dot]indonesia[dot]gunadarma[dot]ac[dot]id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*