Pulau Seribu..

Kepulauan Seribu merupakan kumpulan gugusan pulau yang letaknya sangat dekat dengan ibukota Jakarta. Kita tidak perlu pusing untuk dapat sampai ke sana, karena ada banyak kapal dari Muara Angke ataupun Marina Ancol yang akan mengantarkan kita.

Walaupun bernama Kepulauan Seribu, pada kenyataannya di sini hanya terdapat 111 pulau. Tapi jangan salah, walau cuma 100-an pulau belum tentu kita bisa menghabiskannya dalam waktu singkat. Berkunjung ke 5 pulau saja, rasanya sudah cape tapi pasti seru main keliling pulau kan. Ada pulau seperti apa saja sih di sini? Nah, kali ini saya mencoba berbagi pengalaman mengenai beberapa pulau yang pernah saya datangi atau lewati saja. Tapi tidak semuanya akan saya ceritakan dalam satu halaman ini, nanti saya sambung ke cerita berikutnya ya.

Pertama ialah Pulau Onrust, yang menjadi salah satu dari objek wisata kota tua Jakarta. Onrust sendiri memiliki arti “tak pernah beristirahat” (bahasa inggris : unrest). Pada zaman VOC, pulau ini dijadikan sebagai dermaga tempat persinggahan kapal dagang mereka. Di pulau ini berdiri suatu museum yang bernama Museum Onrust, berisikan segala perkembangan yang terjadi dalam pulau ini.

Berikutnya ialah Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Kedua pulau ini letaknya sangat dekat sekali sehingga bisa dihubungkan dengan jalan paving block. Keadaan kedua pulau ini hampir sama dengan Pulau Pramuka, ramai dan padat penduduk. Biasanya pengunjung yang datang kesini, akan tiba di dermaga Pulau Kelapa dan menginap di Pulau Harapan, karena di Pulau Kelapa sendiri belum banyak penginapan. Kebanyakkan pengunjung yang menginap di pulau ini, bukan karena faktor “pulau”nya itu sendiri. Melainkan karena ingin bermain dengan pulau-pulau yang letaknya dekat dengan Pulau Harapan. Namun, kebanyakkan pulau disekitarnya adalah pulau kosong atau pulau pribadi sehingga kita tidak dapat menginap di sana.

Selanjutnya ialah Pulau Putri, yangmerupakan salah satu pulau yang dijadikan resort. Yang menjadi andalan pulau ini adalah terowongan aquarium bawah laut dengan panjang 15 m dan kedalaman 5 m. Dengan dilapisi kaca yang tembus pandang, kita diajak melihat kehidupan bawah laut secara langsung. Namun karena tergolong pulau resort, untuk bermain di sini kita harus merogoh kocek lebih dalam. Bahkan katanya untuk ke pulau ini hanya dapat dicapai dengan speed boat dari Marina Ancol. Saya sendiri kurang tau apakah ada kapal yang membawa penumpang dari Muara Angke.

Nah kalau pulau berikut ini, menurut kabar adalah pulau pribadi milik Surya Paloh. Saya sendiri belum pernah masuk ke dalam pulau ini, hanya melewati depan dermaganya saja. Pulaunya bernama Pulau Kaliage.

Terakhir ialah Pulau Pramuka, yang merupakan pusat pemerintahan administrasi Kepulauan Seribu. Lalu mengapa dinamakan Pulau Pramuka? Ada 2 versi cerita, katanya dulu pulau ini sangat tidak terurus, sampai akhirnya rombongan pramuka datang dan membersihkan pulau ini. Kemudian sebagai penghargaan akan jasa para pramuka ini maka dinamakanlah sebagai Pulau Pramuka. Yang kedua sih cerita lebih singkat, hanya karena dulu para pramuka sering camping di pulau ini. Hehe.

Di Pulau Pramuka juga terdapat pusat pembudidayaan mangrove dan konservasi penyu. Kalau beruntung, kita juga dapat melihat pelepasan tukik ke laut.

Untuk masalah penginapannya, kita tidak perlu khawatir karena Pulau Pramuka menawarkan banyak tempat penginapan dengan harga terjangkau. Tidak sedikit penginapan yang juga menyediakan alat snorkeling untuk disewa. Bahkan karena pulau ini tergolong padat rumah penduduk, ada saja rumah penduduk yang dapat disewakan untuk pengunjung yang berombongan.

Beberapa penginapan di Pulau Pramuka antara lain : Villa deLima  (Pak Untung 081319551955), Homestay Laylad (70591444), Homestay Putih (Pak Mail 08176405654)

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya di sebagian Pulau Seribu memiliki masalah keterbatasan listrik yang hanya menyala pada sore hingga pagi hari. Sisi positifnya, kita jadi tidak bermalas-malasan di penginapan kan, namun bisa ber-snorkling ria atau bermain di pantai. Tapi jika ingin ber-snorkeling, kita harus berhati-hati karena kebanyakan spot snorkeling di Pulau Seribu ada bulu babi-nya. Bila sampai tertusuk durinya, lumayan sakit dan harus segera dikeluarkan racunnya.

Keindahan terumbu karang di bawah laut sangat menggoda warnanya, apalagi yang hobi foto-foto. Berfoto boleh saja, tapi sebaiknya kita sama sekali tidak menyentuh karangnya, apalagi hingga menginjak atau berdiri di atas karang. Setiap sentuhan kecil saja, kita dapat membunuhnya. Butuh waktu yang lama untuk menumbuh terumbu karang hingga bisa secantik itu kembali.

Sekian dulu ya, tapi jangan khawatir masih ada pulau-pulau lainnya yang akan saya ceritakan lagi. Tunggu ya. [Feb ’11]

Additional information

– Sewa snorkeling gear : Rp 40.000-an

– Sewa kapal untuk berkeliling pulau : Rp 300.000,-/day

© kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

One Response to Pulau Seribu..
  1. Khususon Pulau Resort selain yang di sebutkan diatas yaitu Pulau Bidadari, Pantara, Kotok, Putri, Ayer, Sepa, nah, untuk informasi lebih lanjut jika teman teman ingin kesana bisa menghubungi kantor pemasaran pulau seribu wijayatama wisata di nomer 02168274005 / 08159977449.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*