BAKARA : Kerajaan Sisingamangaraja..

Bakara adalah salah satu objek wisata sejarah dan wisata ziarah bagi kebanyakkan suku Batak. Ini adalah tanah kelahiran Raja Sisingamangaraja yang merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Di sini, kita dapat melihat bangunan istana raja yang mengandung cerita historis kepahlawanannya, yang dulunya merupakan kompleks Istana Kerajaan Sisingamangaraja.

Untuk mencapai lokasi ini diperlukan waktu kurang lebih 6 jam apabila menggunakan jalur darat, dengan jarak tempuh sekitar 300 km dari kota Medan. Namun Bakara juga bisa dicapai dengan menggunakan pesawat kecil dengan rute Medan – Silangit, yang hanya memakan waktu kurang dari satu jam.

Menurut cerita, di kompleks ini ada makam Raja Sisingamangaraja X dan anaknya yang merupakan Sisingamangaraja XI. Namun pada makam Sisingamangaraja X hanya ada kepalanya saja yang dikuburkan di situ, sedangkan badannya terkubur di tempat lain saat beliau gugur dalam perang melawan Tuanku Rao. Sedangkan makam anaknya (Sisingamangaraja XI) berupa bangunan persegi dengan ornamen ukiran di atasnya. Pada sisi depannya dilukiskan dengan bendera kerajaan yang berwarna merah dan simbol 2 pedang dengan bulan bintang di kiri kanannya.

Di kompleks ini juga terdapat empat bangunan rumah Batak kuno, yang merupakan replika dari bangunan istana terdahulunya. Sedangkan bangunan istana aslinya telah dibumihanguskan saat perang melawan Belanda (1877 – 1907). Saat itu masa pemerintahan masih dipegang oleh Sisingamangaraja XII.

Berjalan-jalan ke belakang kompleks, saya menemukan banyak tanaman kopi tumbuh subur di sana. Entah masih milik keluarga kerajaan atau hasil perkebunan masyarakat sekitar? Nampaknya, udara di sini cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi.

Sayangnya ketika saya berkunjung ke sini, tidak ada guide yang bisa saya tanyai. Saya pun berkeliling hanya ditemani oleh driver saya yang hanya tahu sedikit mengenai sejarah tempat ini. Padahal tempat ini seharusnya bisa menjadi wisata budaya dan sejarah yang sangat menjual bagi pengunjung. Sangat disayangkan pemerintah setempat nampaknya belum siap untuk memfasilitasinya dengan guide atau brosur panduan bagi pengunjung. [Oct ’08]

 © kelilingbumi.com. All rights reserved. Do not duplicate without permission.

One Response to BAKARA : Kerajaan Sisingamangaraja..
  1. Join Siahaan says:

    terimakasih banyak bagi setiap orang yang mau berkunjung ke istana nenek moyang saya khususnya dan nenek moyang semua orang batak umumnya,semoga oppung kita Sisingamangaraja selalu memberkati seluruh kaum orang batakkkkk, Amen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*